18.09

Cerdas Berfikir ala Islam

Alloh adalah dzat yang menciptakan semua alam ini. Semua yang ada dibumi dan angkasa semuanya ciptaan Alloh. Bahkan sampai ke galaksi-galaksi yang jumlahnya sangat banyak juga merupakan ciptaan Alloh. Semua yang diciptakan oleh Alloh adalah makhluk. Dan yang namanya makhluk  semuanya sangat bergantung kepada Alloh. Semua makhluk diciptakan oleh Alloh, dan juga dipelihara oleh Alloh, manusia, hewan dan alam semesta ini ada atas kehendak Alloh, dan juga dipelihara oleh Alloh dengan pemeliharaan yang terus menerus. Penjagaan Alloh atas alam ini tidak pernah dilepaskan walau sedetik pun.

Perbandinganya adalah jika ada seseorang disuruh berdiri memegang gelas dengan syarat gelas tersebut tidak boleh pecah, maka dia harus mati matian menjaga gelas tersebut dengan sungguh – sungguh bahkan dia harus terjaga terus tidak boleh tidur sekejapun. Jika dia tertidur sekejap saja maka dengan secara otomatis gelas itu akan jatuh. Demikianlah Alloh dalam memelihara alam semesta ini  tidak  dihinggapi rasa kantuk walaupun sekejap saja. Rasa kantuk dan lelah hanya dirasakan oleh makhluk, dan Alloh terbebas dari sifat – sifat yang dimiliki oleh makhluk. Jika dalam memelihara alam yang begitu luas dan kompleks ini Alloh dihinggapi rasa lelah dan ngantuk, maka hancur leburlah semuanya. Laata’huduhusinatu wwalanaum  tidak dihinggapi rasa kantuk dan tidur.

Demikian juga kita manusia, kita ada bukan kehendak kita, tapi kita ada karena dikehendaki Alloh untuk ada didunia ini, keberadaan kita murni karena keinginan Alloh swt. Manusia tidak tahu dan bahkan buta terhadap keadaan dunia yang ditinggalinya. Sebagai gambaran kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi satu hari kedepan, bahkan kita tidak tahu kejadian apa yang akan menimpa kita satu jam didepan kita. Sebagai contoh jika kita akan pergi kesuatu tempat maka kita tidak mengetahui kita akan berjumpa dengan siapa saja ketika kita dijalan. Semua diatur oleh dzat yang maha mengatur yaitu Alloh swt. Jadi hakekatnya keadaan alam dan dunia ini sejatinya bagi manusia adalah gelap gulita, ilmu pengetahuan tentang dunia bagi manusia sangat gelap gulita.

Alloh adalah dzat yang maha pengasih dan penyayang. Agar  manusia dalam menjalani hidup didunia ini nikmat, tidak tersesat, dan selamat,maka Alloh telah memberi petunjuk dan penerang dalam gelapnya kehidupan dunia. Yaitu dengan diutusnya nabi Muhammad Saw kedunia ini. Adalah tidak lain dan tidak bukan merupakan mercusuar bagi manusia agar dalam menjalani kehidupan didunia ini tidak tersesat jalan. Dengan mencontoh peri kehidupan dan tingkah laku nabi Muhammad ini maka manusian akan menjadi insan kamil atau makhluk sempurna. Baik didunia maupun diakhirat kelak...
bersambung......


0 komentar:

Posting Komentar